Saturday, March 18, 2017

Wisata Mata Air di Subang

Ketertarikan traveling saat ini makin tinggi. Dapat dibuktikan makin banyak destinasi wisata tersembunyi yang mendadak nampak serta popular di media sosial. Sebut saja popularitas Tebing Keraton yang belum juga surut, Situ Cilembang sampai Umbul Manten Klaten yang masihlah tersisa misteri. Saat ini nampak kembali satu tempat yang mempunyai potensi wisata di Subang. Mata Air Cimincul di Subang ini sebening Situ Cilembang Sumedang serta Umbul Manten di Klaten. Referensi lain bisa baca di Objek Wisata Mata Air Cimincul Kasomalang Subang

Dalam bhs Sunda, warga sering menyebutkan sumber mata air dengan Sirah. Umpamanya seperti Sirah Cilembang. Sedang dalam bhs Jawa, warga sering menyebutkan sumber mata air dengan Umbul yang artinya menyembul keluar. Destinasi mata air memanglah saat ini cukup meroket popularitasnya. Lantaran pesona jernihnya air adalah pesona yang langka sekarang ini. Lumrah bila banyak traveler yang memburu beberapa tempat tersembunyi berbentuk mata air ini.

Beneran tidak bohong, Mata Air Cimincul ini ada di Subang, Jawa Barat.

Alamat Mata Air Cimincul di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Nah, mungkin saja lantaran telah cukup modern, sumber mata air ini memanglah telah dinamakan dengan mata air Cimincul. Bila ditelaah lagi sebenarnya Cimincul ini datang dari bhs Sunda. Menurut warga sekitaran Cimincul ini datang dari dua kata Cai Mincul yang bermakna air yang muncul.

Mata air Cimincul Kasomalang SubangMata air Cimincul Kasomalang Subang (silmya. blogspot. co. id)

Tidak heran bila di Jawa Barat banyak daerah yang bermulaan nama Cai yang bermakna Air. Sangat banyak kan yang pernah anda kenali terlebih nama kabupaten di sekitaran Bandung. Umpamanya seperti Cimahi, Cimindi, Ciburial, serta lain sebagainya. Mungkin saja dahulu, daerah itu juga ada mata air yang jadikan sebagai sumber keperluan air orang-orang, tetapi bersamaan populasi orang-orang yang bertambah mata air itu lalu surut serta menghilang. So, bila kalian temukan mata air seperti ini telah semestinya dirawat serta dilestarikan keberadaannya.

Sumpah, ini Akan Hits Seperti Umbul Ponggok Klaten


Mata Air Cimincul bisa disebut adalah destinasi wisata tesembunyi di Subang. Inget yah Subang serta Sumedang itu tempat yang tidak sama. Jadi jangan pernah kalian nyasar ke Sumedang buat cari mata air Cimincul ini. Tetapi, Subang serta Sumedang ini jaraknya tidaklah terlalu jauh kok. Subang dapat dibuka dari Bandung atau lewat Tol Cipali dari exit gate Kalijati.

cimincul kasomalang subangMata air Cimincul Kasomalang Subang (silmya. blogspot. co. id)
Mata Air Cimincul ini memanglah sekarang ini telah di ketahui sebagian wisatawan terutama dari Subang. Walau sebenarnya dulunya mata air ini tidak sering sekali dikunjungi. Tetapi, kehadiran mata air ini dapat jadi barokah untuk warga sekitaran. Intinya memanglah memberi pemasukan dari bidang pariwista. Sekarang ini memanglah telah banyak sebagian warung yang berjualan. Tetapi, mata air Cimincul ini belum dikelola dengan cara profesional.

Lupakan Sesaat Umbul Ponggok Klaten, Mata Air Kasumber juga tidak Kalah Keren.

Terkecuali mata air Cimincul di desa yang sama Pasanggrahan, Kasomalang, ada mata air Kasumber. Wuiiihhh beningnya juara banget deh. Saksikan saja sendiri. Beningnya tidak kalah dengan mata air yang ada di Klaten seperti umbul Ponggok serta Umbul Manten.

Mata Air Kasumber ini juga tak kalah jauh dengan Umbul Ponggok serta Umbul Manten Klaten. Dasarnya dipenuhi dengan batuan serta pasir yang berkesan seperti ada di lautan. Tidak butuh jauh-jauh ke laut untuk berfoto underwater dengan aman. Di Mata Air Kasumber ini kalian dapat selfie. Akhirnya juga tidak mengecewakan. Muka serta ekpresi kalian bakal dengan gampang terekam di kamera. Yakinkan kamera kalian anti air yah.

Sebagian traveler sedang gandrung dengan pemakaian Dome. Dome ini sejenis alat 1/2 lingkaran transparan hingga dapat memphoto dua alam dengan gampang. Akhirnya seperti photo rekan-rekan traveler dari @BogorJuara ini yang menyebutkan dianya sebagai #AnakCurug yang bermakna anak air terjun.

Panduan serta Tips Menuju Mata Air Cimincul Subang Jawa Barat

Jagalah lingkungan dengan tak buang sampah asal-asalan.
Cermati kebun warga, jangan pernah mengakibatkan kerusakan atau mengambil apa pun.
Jalan menuju ke sini cukup curam, jadi pakai alas kaki yang nyaman.
Yakinkan pengemudi handal, lantaran jalan daerah Subang sempit, berkelok serta terjal.
Bawa baju ubah bila menginginkan berenang.
“Don’t judge by its cover” pesona mata air itu bukanlah diliat dari atas, namun difoto dari dalam permukaan air.

Untuk memperoleh photo yang keren, pakai gear kamera tahan air dan dome supaya dapat membuat photo dua alam. Daratan serta bawah permukaan air dapat di tangkap gambarnya dengan gampang.

Datang sore atau pagi hari supaya cuaca lebih bersahabat serta tidaklah terlalu terik.
Janganlah ambillah apa pun terkecuali photo serta janganlah tinggalkan apa pun terkecuali jejak kaki.

No comments:

Post a Comment